Mengamati Karakter Jantan Ducati StreetFighter
Jakarta, 14 Januari 2010. Tadi siang saya berkunjung ke lokasi showroom Ducati Indonesia yang baru di kawasan SCBD Sudirman, tepatnya di samping Cafe Bengkel atau di depan Gedung Energy Medco.
Showroom tersebut memang masih dalam tahap pembenahan di bagian akhir (finishing) karena sedianya showroom bakal diresmikan pada hari Minggu 17 Januari 2010.
Namun yang lebih menarik ketika saya melihat sosok besutan Ducati Streetfighter yang sudah ber-plat nomor B-xxxx yang dipajang di dalam showroom tersebut. Info dari petugas showroom bahwa Ducati Streetfighter tersebut memang motor baru tapi sudah ada yang punya, padahal kehadiran motor ini baru di-launching oleh PT Supermoto Indonesia pada bulan Oktober 2009 silam. Info lengkap peluncuran motor Ducati StreetFighter bisa dilihat di sini.
Beruntung tading siang showroom lagi sepi dan saya pun jadi leluasa mengamati secara dekat sosok motor Ducati StreetFighter ini. Kesimpulan saya bahwa motor ini memiliki karakter jantan yang sangat menonjol. Boleh saja kita bermimpi, namun yang pasti kalau kita membawa besutan Ducati Streetfigther ini sepertinya kita akan menjadi ‘raja jalanan’ yang siap fight dengan siapa saja (dalam artian fight disini adalah bersifat positif dan bukan untuk berkelahi).
Dari pabrikan Ducati Italia, motor Ducati StreetFighter ini memiliki tipe mesin L-Twin yang memang sudah menjadi ciri khas dari motor Ducati pada umumnya. Memiliki mesin 1099cc dengan 155hp pada putaran mesin 9,500rpm.
Anyway, artikel tidak membahas secara mendalam soal mesin, karena yang harus diakui adalah penampilan motor ini jelas-jelas sangat ganas, baik dari sisi power mesin dan juga penampilannya. Membawa tunggangan motor ini harus percaya diri yang siap untuk bertarung di jalan ataupun hanya sekedar dipakai untuk bergaya.
Mari kita lihat desain dan model dari motor Ducati StreetFighter yang bisa dijadikan bahan referensi untuk modifikasi motor laki masa kini. Sebenarnya modifikasi motor model naked bike sudah biasa, tapi perhatikan desain dan sosok motor ini yang jelas punya nilai lebih. Saya yakin akan banyak bengkel modifikasi dan penyuka streetfighter mengadopsi motor Ducati ini.
Spesifikasi Ducati StreetFighter
Engine: L-Twin, 4 valves, Desmodromic
Displacement: 1099cc
Bore and Stroke: 104 x 64.7mm
Compression Ratio: 12.4:1
Horsepower: 155hp @ 9500rpm
Torque: 87.5 lb-ft @ 9500rpm
Fueling: Marelli fuel injection
Wheelbase: 58.1 in
Rake: 25.6 degrees
Front Suspension: 43mm inverted Showa fork, fully adjustable
Rear Suspension: Showa monoshock, fully adjustable
Front Brake: Dual 330mm disc, 4-piston Brembo monobloc calipers
Rear Brake: Single 245mm disc with 2-piston caliper